Situasi Pandemi Covid-19 membuat model dan strategi pelaksanaan MPLS berubah menyesuaikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Meskipun begitu, hakikat dan nilai-nilai pelaksanaan MPLS tidak berubah. Kegiatan MPLS harus tetap menjadi laboratorium awal siswa baru mengenali lingkungan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan
Adapun kegiatan MPLS di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri Napis V bertujuan ;
.1. Mengenali potensi diri siswa baru;
2. Membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya;
5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
ppelaksanan kegiatan MPLS ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 18,19,dan 20 juli 2022,berikut adalah jadwal kegiatan MPLS sd Negeri Napis V :
No |
Waktu Pelaksanan |
Materi |
|
1 |
Hari Pertama |
1 |
Pengisian formulir siswa baru oleh orangtua/wali: |
2 |
Kegiatan pengenalan siswa. |
||
3 |
Diskusi konseling, |
||
4 |
Mengenalkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, |
||
5 |
Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap diskusi |
||
6 |
Kegiatan pengenalan warga sekolah: |
||
7 |
Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, cara belajar,
dan tata tertib sekolah: |
||
8 |
Pengenalan tata cara dan etika makan, tata cara
penggunaan fasilitas toilet, dan tata cara berpakaian/sepatu; |
||
9 |
Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah,
sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di
sekolah serta kegunaannya: |
||
10 |
Menginformasikan
fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah: |
||
2 |
Hari Kedua |
1 |
Kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah
dengan memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa: |
2 |
Pengenalan stakeholders sekolah lainnya. |
||
3 |
Menginformasikan kewajiban pemeliharaan fasilitas dan sarana
prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum: |
||
4 |
Kegiatan simulasi penanggulangan bencana: |
||
5 |
Menginformasikan daerah rawan disekitar sekolah: |
||
6 |
Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi,
termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan terkait. |
||
7 |
Simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi
dan semangat belajar siswa: |
||
8 |
Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara
menyapa/berbicara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
||
9 |
Pengenalan metode pembelajaran dalam bentuk guantum learning
(speed reading, easy writing, mind mapping, super memory system) |
||
10 |
Mendatangkan
narasumber dari berbagai profesi untuk berbagi pengalaman |
||
11 |
Kegiatan pengenalan kewirausahaan |
||
3 |
Hari Ketiga |
1 |
Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun: |
2 |
Pengenalan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan
guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap simpati, empati, dan
saling menghargai, serta sportif. |
||
3 |
Kegiatan atraksi masing-masing kelas, antara lain perlombaan
bidang kesenian, dan olahraga |
||
4 |
Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga
sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi kelompok. |
||
5 |
Kegiatan
penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter; |
||
6 |
Pengenalan budaya dan tata tertib sekolah; |
||
7 |
Pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang
sesuai dengan nilai-nilai positif. |
||
8 |
Beribadah keagamaan bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi,
cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air; |
||
9 |
Kegiatan kebanggaan terhadap ke- anekaragaman dan kebhinekaan,
antara lain pengenalan suku dan agama, penggunaan pakaian adat di sekolah; |
||
10 |
Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata
cara membuang sampah sesuai dengan jenis sampah. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar